Wednesday, January 8, 2020

Mengenal Nissan Skyline GT-R Nismo 400R, Mobil Lini Skyline Paling Langka di Dunia

Nissan Skyline GT-R Nismo 400R
sumber : torque-gt.co.uk

Lini mobil Skyline dari Nissan merupakan lini mobil yang melegenda. Lini mobil tersebut terkenal akan desainnya yang keren dan memiliki kecepatan serta tenaga yang besar hingga mendapat julukan "Godzilla". Diantara lini mobil Nissan Skyline mulai dari R32, R33 dan R34 Nissan R33 merupakan varian yang paling banyak mendapat kritik dan sering menjadi kambing hitam. Kritikus sering membandingkannya dengan R32 yang mana lebih bisa diterima dan R34 yang merupakan lini Skyline paling populer.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan R33, baik itu R32 maupun R34 semuanya memiliki kelebihannya masing-masing. Bahkan R33 sendiri pernah mengikuti kompetisi Endurance 24 Hours of Le Mans. Hal ini merupakan sebuah hal yang luar biasa, mengingat R33 adalah varian yang paling sering diperdebatkan dan mendapatkan kritik.
baca juga : 36 Mobil yang Ada di Anime Initial D dan Spesifikasinya
Selain pernah mengikuti kompetisi Endurance 24 Hours of Le Mans Skyline R33 memiliki varian spesial. Biasanya varian GT-R merupakan versi tertinggi dalam lini Skyline, namun Skyline R33 memiliki varian yang lebih tinggi lagi, yaitu Nissan Skyline GT-R Nismo 400R.

Mengenal Nissan Skyline GT-R Nismo 400R, Mobil Lini Skyline Paling Langka di Dunia


Nissan Skyline GT-R Nismo 400R
sumber : torque-gt.co.uk

Nissan Skyline GT-R Nismo 400R dirilis pada tahun 1997 dan dirakit di Nismo Omori Factory. Pada awalnya Nismo berencana untuk memproduksi sebanyak 100 unit. Namun, kenyataannya hanya 44 unit yang pernah diproduksi. Oleh karena itu mobil satu ini sangat langka, bayangkan aja cuma ada 44 unit loh di seluruh dunia. Nissan Skyline GT-R Nismo 400R memiliki sistem penggerak all wheel drive dengan transmisi manual 5-speed.

Performa Mesin Modifikasi Yang Luar Biasa


Nissan Skyline GT-R Nismo 400R Engine RB-X GT2
sumber : torque-gt.co.uk

Berbasis Nissan Skyline GT-R R33 sehingga mesin yang digunakan adalah inline-6 RB26DETT. Namun, mesin tersebut telah banyak dimodifikasi oleh Reinik (sekarang Reimax) sehingga kode mesinnya dirubah menjadi RB-X-GT2.

Hasilnya pun kapasitas mesin ini menjadi 2.771cc ditambah dengan twin turbo, sehingga tenaga yang dihasilkan menjadi 400HP dan torsi 470Nm. Dengan tenaga sebesar itu Nissan Skyline GT-R Nismo 400R mampu melesat dari 0-100 km/h hanya dalam 4 detik saja dan top speed mencapai 300 km/h.
baca juga : Car Engineering - Mengenal Jenis Mesin Mobil Berdasarkan Konfigurasinya

Handling Yang Semakin Baik


Nissan Skyline GT-R Nismo 400R Engine RB-X GT2
sumber : torque-gt.co.uk

Untuk mengimbangi tenaga yang besar Nismo juga memodifikasi komponen kaki-kaki untuk meningkatkan handlingnya. Nismo memasang bushing yang lebih kaku, damper buatan Bilstein dan ketinggiannya pun dikurangi sebanyak 30 mm. Tidak luput Nismo juga memasang front strut brace dengan bahan titanium untuk mendapatkan handling yang lebih baik lagi. Nissan Skyline GT-R Nismo 400R juga dibekali teknologi ATTESA E-TS PRO yang berfungsi untuk meningkatkan handling mobil.

Untuk sistem pengereman masih menggunakan kaliper Brembo sama seperti Nissan Skyline GT-R R33, namun yang spesial adalah kampas remnya yang khusus dari Nismo. Driveshaft yang digunakan pada Nissan Skyline GT-R Nismo 400R sudah berbahan serat karbon yang diklaim memiliki bobot lebih ringan hingga 50 persen, hal ini juga pastinya berdampak pada handling dan performa yang meningkat.

Eksterior dan Interior Khas Nismo


Nissan Skyline GT-R Nismo 400R Interior
sumber : torque-gt.co.uk

Pada bagian Eksterior Nissan Skyline GT-R Nismo 400R menggunakan kap mesin yang terbuat dari serat karbon. Spoiler belakang berbahan serat karbon yang bisa diatur tingkat kemiringannya. Mobil ini juga memiliki over fender 25mm dan body kit dari Nismo yang tidak hanya keren tetapi juga memiliki beberapa lubang ventilasi untuk membantu mendinginkan rem.

Terdapat emblem Nismo dan 400R pada bagian belakang mobil serta adanya stripe vinyl 400R pada kedua sisi mobil. Tak kalah keren Nissan Skyline GT-R Nismo 400R menggunakan velg forged 3 piece Nismo LM-GT1 berukuran 18 inci dan lebar 10. Kemudian, menggunakan ban Bridgestone RE710 dengan ukuran 275/35 R18.

Selanjutnya dari segi interior sebenarnya sih tidak berubah banyak dari Nissan Skyline GT-R R33. Hanya terdapat beberapa perubahan seperti jok bucket seat dari Nismo. Panel speedometer khusus 400R serta gauge dan instrumen khas Nismo. Kemudian, Stir racing dengan tombol klakson berlogo 400R dan tuas transmisi yang terbuat dari bahan titanium.

Penutup

Baiklah, itu tadi pengenalan mengenai lini Skyline paling langka yaitu Nissan Skyline GT-R Nismo 400R. Jadi, bagaimana menurut kalian? Apakah Skyline spesial ini bagus atau tidak? Menurut penulis sih meski mobil ini spesial tetap saja penulis masih lebih suka Nissan Skyline GT-R R34 haha.

Terima kasih sudah berkunjung 😁

Load comments