Thursday, April 30, 2020

Mengenal Ford GT90, Suksesor Ford GT40 Yang Tidak Pernah Diproduksi

Mengenal Ford GT90, Suksesor Ford GT40 Yang Tidak Pernah Diproduksi
sumber : conceptcarz.com

Nama Ford dalam dunia otomotif sangatlah terkenal di seluruh dunia. Hal itu memang dikarenakan mobilnya yang berkualitas dan sering memenangkan berbagai kejuaraan. Mengingat salah satu mobil legendaris mereka yaitu Ford GT40 yang mampu mendominasi endurance racing pada tahun 1960-an. Ford pun membuat suksesornya dengan nama Ford GT90.

Mengenal Ford GT90, Suksesor Ford GT40 Yang Tidak Pernah Diproduksi


Pada Bulan Januari 1995 tepatnya pada pameran Detroit Auto Show, Ford memamerkan sebuah mobil konsep dengan nama Ford GT90. Pada pameran tersebut Ford GT90 mendapatkan  label "world's mightiest supercar" karena memiliki teknologi tercanggih pada saat itu.

Hal tersebut tidaklah mengherankan karena Ford GT90 memang diplot untuk menjadi suksesor Ford GT40 yang legendaris. Selain sebagai suksesor Ford GT40 yang legendaris, Ford GT90 juga merupakan sebuah test bed untuk teknologi, konsep teknis dan desain, serta fitur yang berorientasi pada pengemudi yang kedepannya akan digunakan pada mobil Ford lainnya.

Ford GT90 juga merupakan mobil pertama yang menggunakan konsep desain "New Edge" yang kemudian juga digunakan pada mobil-mobil Ford selanjutnya seperti Ford Focus, Mustang dan Falcon. Hal tersebut semakin membuat Ford GT90 semakin spesial.

Waktu Yang Singkat Bukan Hambatan Untuk Menciptakan "Monster"


Ford GT90 Back
sumber : conceptcarz.com

Ford GT90 dibuat oleh sebuah grup kecil khusus di Ford SVT (Special Vehicle Team) hanya dalam kurun waktu enam bulan. Sebuah waktu yang sangat singkat untuk menciptakan sebuah supercar. Karena waktunya terlalu singkat, sehingga tim yang membuatnya menggunakan beberapa parts dari Jaguar untuk menghemat waktu. Sebagi informasi pada saat itu Jaguar masih menjadi milik Ford jadi sah-sah saja menggunakan partsnya. Selain waktu yang sangat singkat pembuatan Ford GT90 juga memakan biaya sekitar 3 juta US Dollar.

Eksterior dan Interior


Ford GT90 Side
sumber : conceptcarz.com

Ford GT90 hadir dengan warna putih cerah. Menganut konsep desain "New Edge" posisi kabin Ford GT90 menjadi lebih ke depan dan memiliki kap mesin yang pendek. Wheelbase yang dimilikinya juga panjang yaitu 2.946 mm. Konsep desain "New Edge" benar-benar membuat Ford GT90 terlihat hi-tech dan futuristik.

Panel bodi Ford GT90 terbuat dari bahan serat karbon dan chassis alumunium monocoque yang membentuk honey-comb. Pintu Ford GT90 juga canggih karena bisa dioperasikan secara elektronik,. Selain itu bagian kabinnya pun luas tidak seperti supercar 90-an yang umumnya memiliki kabin yang sempit.

Ford GT90 Interior
sumber : conceptcarz.com

Masuk ke Interior, Ford GT90 didominasi oleh warna biru cerah yang dilapisi oleh kombinasi bahan kulit dan suede. Model open-gated shifternya yang berwarna silver ditambah alumunium linkage yang terhubung ke konsol tengah terlihat keren dan sporty.

Pada bagian konsol tengah terbuat dari bahan serat karbon dan memiliki detail berwarna silver dan terbuat dari alumunium. Desain panel instrumen customnya pun tak kalah keren yang mana diletakkan di depan setir dan tambahan di pintu pengemudi. Agar tidak terlihat monoton detail setiga warna kuning yang terdapat pada setir terlihat sempurna sebagai pemanis.

Performa


Ford GT90 V12 Engine
sumber : conceptcarz.com

Performa Ford GT90 sangat luar biasa tinggi. Ford GT90 menggunakan mesin berkapasitas 6.000cc 12 silinder V12 yang merupakan penggabungan dari 2 mesin V8 Lincoln. Tidak cukup sampai disitu agar semakin bertenaga mesin V12 tersebut dibekali turbo Garrett Systems T2 sebanyak 4 unit. Sehingga tenaga yang dihasilkan adalah 720 HP dan torsi 895 Nm.

Tenaga yang besar tersebut di salurkan ke roda belakang mengingat Ford GT90 memiliki layout MR ( Mid Engine, Rear Wheel Drive). Penyaluran tenaga ke roda belakang melalui gearbox FFD-Ricardo five-speed manual transmission yang diambil dari Jaguar XJ220.
baca juga : Car Engineering - Mengenal Jenis Mesin Mobil Berdasarkan Konfigurasinya
Hasilnya Top speed mencapai 407 km/h dan akselerasi dari 0-100 km/h dapat dicapai hanya dalam 3,1 detik. Nah, untuk mengimbangi tenaga yang besar tersebut Ford GT90 menggunakan double wishbone suspension yang lagi-lagi diambil dari Jaguar XJ220 karena memiliki handling yang baik pada kecepatan tinggi.

Sayangnya "Monster" Tersebut Tak Pernah Diproduksi


Ford GT90 Front
sumber : conceptcarz.com

Padahal konsep Ford GT90 sudah dipamerkan dan cukup pantas bila menjadi suksesor Ford GT40. Namun, entah kenapa Ford tidak pernah memproduksinya mereka justru menjadikan Ford GT yang diproduksi tahun 2004 sebagai suksesor Ford GT40.
Karena hanya ada satu di dunia dan itu pun masih berupa konsep. Hingga saat ini keberadaan mobil tersebut masih belum jelas. Terakhir, terlihat Ford GT90 pernah masuk lelang melalui RM auction pada tahun 2009.

Penutup

Baiklah, itu tadi perkenalan Ford GT90 sebuah mobil konsep yang entah kenapa tidak pernah diproduksi padahal sangat menjanjikan. Selain menjanjikan patut diingat bahwa Ford GT90 pernah mendapatkan label "world's mightiest supercar" pada saat dipamerkan di Detroit Auto Show. Mungkin Ford punya pertimbangan khusus kenapa tidak pernah memproduksinya.

Terima kasih sudah berkunjung 😁

Load comments