Sunday, June 28, 2020

Inilah Cara Tepat Mengendalikan Mobil Saat Pecah Ban

Inilah Cara Tepat Mengendalikan Mobil Saat Pecah Ban
Photo by Sebastian Huxley on Unsplash

Berkendara dengan mobil kesayangan atau orang yang dicintai tentu saja menyenangkan. Namun, dalam berkendara di jalan risiko terjadinya sebuah kecelakan selalui mengintai. Baik itu karena kelalaian kita atau karena pengendara lain. Nah, salah satu penyebab kecelakaan di jalan adalah pecah ban.

Banyak faktor yang menyebabkan pecah ban. Oleh karena itu sebelum berkendara sebaiknya di cek dulu kondisi mobil mulai dari kondisi mesin hingga ban. Nah, jika ban mobil terlanjur pecah apakah yang harus kita lakukan?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut penulis memberikan beberapa tips. Patut diingat tips ini tidak menjamin risiko kecelakaan hilang 100%. Setidaknya tips ini mampu meminimalisir risiko kecelakaan dan seandainya kecelakaan pun tingkat kerusakannya tidak terlalu parah. Nah, kalau begitu langsung saja kita simak tipsnya di bawah ini.

Inilah Cara Tepat Mengendalikan Mobil Saat Pecah Ban


Bersikap dan Berpikir Tenang


Bersikap dan Berpikir Tenang
Photo by A. L. on Unsplash

Sikap tenang adalah hal yang paling mendasar dan sangat utama. Karena dengan bersikap tenang kalian dapat berpikir jernih dan mengambil keputusan yang tepat. Selain itu juga bisa menjaga fokus kalian jika bersikap tenang.

Mengendalikan Kecepatan



Caranya adalah lepaskan kaki dari menginjak pedal gas secara perlahan. Jangan melepas gas dengan cepat karena bisa membuat mobil melintir.

Jangan gunakan rem untuk membantu mengurangi kecepatan karena bisa membuat mobil melintir. Salah satu cara yang aman adalah memanfaatkan engine brake. Turunkan gigi secara bertahap dan  lakukan engine brake dengan halus.

Mengendalikan Setir


Mengendalikan Setir
Photo by nichiiro on Unsplash

Sembari mengendalikan laju mobil, kalian juga harus mengendalikan setir mobil. Biasanya setir akan condong berat ke arah ban yang pecah misalnya ke kanan bila yang pecah ban kanan dan sebaliknya.

Agar mobil tetap stabil maka perlu dilakukan counter steering. Apabila mobil condong ke kanan karena pecah ban sebelah kanan, maka balas dengan mengarahkan setir ke kiri dan sebaliknya. 

Pastikan kalian menggenggam setir mobil dengan baik. Karena bila terjadi slip saat memegang setir bisa bahaya.

Jaga Keseimbangan


Jaga Keseimbangan
Photo by Indira Tjokorda on Unsplash

Kalian harus seimbang apabila terjadi pecah ban. Seimbang yang dimaksud disini adalah menjaga ketenangan, mampu mengendalikan kecepatan dan juga setir.

Jika kalian bisa mengendalikan semuanya nyalakan sein kiri untuk memberi tanda bahwa kalian ingin menepi. Setelah mobil sudah menepi dan benar-benar berhenti, segera nyalakan lampu hazard dan memasang segitiga pengaman.

Kemudian, ganti ban yang pecah dengan ban serep. Jika ban yang pecah lebih dari satu atau tidak tahu cara mengganti ban kalian bisa langsung menelpon bengkel atau jasa towing mobil.

Penutup

Baiklah, itu tadi cara yang tepat untuk mengendalikan mobil saat pecah ban. Ingat selalu cek kondisi mobil sebelum bepergian agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Terima kasih sudah berkunjung 😁

Load comments