Monday, August 10, 2020

Mengenal Mesin 4G63T, Mesin Andalan Mitsubishi Yang Melegenda

Mengenal 4G63T, Mesin Andalan Mitsubishi Yang Melegenda
sumber : evo.co.uk

Mesin 4G63T merupakan salah satu mesin yang menjadi incaran car enthusiast dan termasuk mesin yang legendaris. Mesin 4G63T identik dengan lini andalan Mitsubishi dalam kategori sports car yakni Lancer Evolution. Wajar saja identik soalnya mesin 4G63T menjadi jantung pacu mulai dari Lancer Evolution I - IX. 

Nah, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa mesin ini menjadi incaran para car enthusiast. Lalu, mengapa mesin ini diincar? Tentunya karena banyak hal menarik soal mesin ini sehingga menjadi incaran. Yuk, kita bahas lebih lanjut mengenai mesin 4G63T di bawah ini.

Mengenal 4G63T, Mesin Andalan Mitsubishi Yang Melegenda


Sejarah


Mitsubishi Galant VR-4
sumber : japanesenostalgiccar.com

Mesin 4G63T termasuk keluarga mesin "Sirius" dari Mitsubishi yang diperkenalkan tahun 1980-an. Lini Mesin Sirius antara lain adalah 4G61, 4G62, 4G63, 4G63T, 4G64. Arti Huruf "T" pada mesin 4G63T adalah Turbo. Ya, mesin ini ditambah dengan turbo sehingga menjadi tambah kencang. 

Mesin 4G63T memiliki 4 silinder berkapasitas 2.000cc dengan Turbo. Meski identik dengan Mitsubishi Lancer Evolution, faktanya mesin ini sudah duluan terkenal digunakan pada Mitsubishi Galant VR-4 hanya saja tidak se-ikonik Lancer Evolution.

Selain Galant VR-4, mesin 4G63T juga pernah digunakan pada Mitsubishi Eclipse sebelum menjadi jantung andalan Lancer Evolution. Mesin 4G63T menjadi ikonik dengan Lancer Evolution karena menjadi jantung pacu mulai dari Lancer Evolution I-IX.

Mesin 4G63T terus digunakan pada Lancer Evolution dari Evo I-IX karena mesinnya sudah sangat bagus dan kuat. Selain itu mesin ini juga sangat cocok dengan Lancer Evolution.

Performa


Lancer Evolution VI Tommi Makinen Edition
sumber : evo.co.uk

Pada Lancer Evolution I mesin 4G63T mampu menghasilkan 247 HP. Mesin tersebut terbukti kuat dan sangat cocok dengan Lancer Evolution.

Sebagai bukti mesin yang tertanam di Lancer Evolution ini mampu menjadi juara World Rally Championship (WRC) sebanyak 4 kali berturut-turut (1996-1999) yang mana drivernya kala itu Tommi Makinen.

Saking tangguh dan bagusnya mesin ini dari tahun 1992-2007 Mesin 4G63T basenya tetap sama hanya dibutuhkan beberapa penyesuaian saja. Teknologi MIVEC andalan Mitsubishi pun baru digunakan pada mesin 4G63T Lancer Evolution IX.

Tenaga mesin ini dari pabrikan adalah sebesar 240-280 HP tergantung generasinya. Namun, bila dimodifikasi mesin ini sanggup memiliki tenaga lebih dari 1.000 HP.
Meski mesin ini kencang dan tangguh, namun tak menutup kemungkinan bahwa mesin ini juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah bobotnya yang lebih berat dibandingkan mesin 4 silinder alumunium biasa. Selain itu valvetrainnya bisa rusak jika menggunakan ground camshaft yang tidak tepat.

Durabilitas



Mesin 4G63T juga terkenal memiliki durabilitas yang sangat tinggi. Terbukti mesin ini mampu menahan tenaga lebih dari 1.000 HP. Hebatnya lagi mesin ini hanya berkapasitas 2.000cc dan memiliki 4 silinder saja.

Mesin 4G63T bisa memiliki durabilitas yang sangat tinggi karena menggunakan Iron Block,  Forged Steel Crankshaft, Cast Alumunium Piston. Selain itu mesin ini juga menggunakan High Flowing Alumunium Head dan Dua Balance Shaft. 

Penutup

Nah, itu tadi pengenalan mengenai mesin 4G63T yang legendaris dari Mitsubishi. Mesin termasuk mesin favorit bagi yang mencintai kecepatan. Selain itu support produk aftermarket yang tersedia juga masih banyak. Sehingga memudahkan kalian untuk melakukan modifikasi. Mesin ini juga termasuk mesin favorit penulis. Jadi, apakah mesin 4G63T termasuk favorit kalian juga?

Terima kasih sudah berkunjung 😁

Load comments