Monday, September 7, 2020

Mengenal Nissan Silvia 270R Nismo, Tipe Nissan Silvia Paling Langka Yang pernah Ada

Mengenal Nissan Silvia 270R Nismo, Tipe Nissan Silvia Paling Langka Yang pernah Ada
sumber : carsguide.com.au

Nissan Silvia adalah salah satu lini mobil sport andalan Nissan yang tidak kalah terkenal dengan lini andalan nissan lainya seperti Skyline atau Fairlady Z. Lini Nissan Silvia identik dengan sebuah mobil sport yang berukuran kompak, affordable dan menggunakan sistem penggerak roda belakang.

Kepopuleran Nissan Silvia juga dibantu dengan semakin meningkatnya trend balapan drifting. S-Platform yang diusung Nissan Silvia ditambah sistem penggerak roda belakang membuatnya enak buat drifting. Nah, kali ini yang mau penulis bahas adalah tipe Nissan Silvia paling langka di dunia. Tipe apakah Nissan SIlvia tersebut? dan mengapa bisa langka? daripada penasaran yuk lanjut baca pembahasannya di bawah ini.

Mengenal Nissan Silvia 270R Nismo, Tipe Nissan Silvia Paling Langka Yang Pernah Ada


Sejarah


Nissan Silvia 270R Nismo Back
sumber : carsguide.com.au

Nissan Silvia pertama kali diluncurkan pada tahun 1965, namun pada saat itu belum menggunakan S-Platform yang terkenal akan keseimbangannya. S-Platform mulai digunakan pada tahun 1975 oleh Nissan Silvia S10 dan terus digunakan hingga Nissan S15.

Dari semua Nissan Silvia yang pernah dirilis, Nissan Silvia S13 hingga S15 lah yang populer. Hal tersebut tak terlepas dari banyak yang menggunakan tipe tersebut untuk drifting. Namun, terdapat satu tipe Nissan Silvia yang sangat langka yaitu Nissan Silvia 270R Nismo yang berbasis Nissan Silvia S14. Kenapa langka? karena hanya diproduksi sebanyak 50 unit saja.

Kelahiran Nissan Silvia 270R Nismo bukanlah tanpa alasan. Pada tahun 1994 saat Nissan Silvia S14 dirilis, banyak pembeli yang tidak puas. Hal tersebut dikarenakan S14 memiliki suspensi yang empuk seperti spons dan sistem pengereman yang kurang baik. Mendengar hal tersebut Nissan langsung bergerak cepat dengan memasukkannya ke in-house tuner mereka yaitu NISMO.
NISMO sukses memperbaiki hampir semua kekurangan yang dimiliki Nissan Silvia S14. Nismo pun memberikan nama 270R dikarenakan Silvia tersebut mampu menghasilkan tenaga sebasar 270HP. Perubahan yang dilakukan oleh NISMO tetap menganut konsep efisiensi dan nilai ekonomis tanpa mengorbankan keseimbangan yang luar biasa dari S-Platform.

Nissan Silvia 270R memiliki karakter performance yang siap turun untuk kompetisi. Sangat berbeda dengan Nissan Silvia S14 yang lebih terlihat daily-use. Lahirnya Nissan Silvia 270R Nismo juga sebagai perayaan 10 tahun NISMO. Jadi bisa dibilang mobil ini benar-benar langka dan spesial. Meski Nissan Silvia 270R NISMO hanya diproduksi 50 unit, tetapi NISMO menjual bodykit 270R secara bebas. Sehingga, pemiliki Nissan Silvia S14 bisa merubah tampilan mobilnya menjadi seperti Nissan Silvia 270R NISMO.

Performa


Nissan Silvia 270R Nismo Turbo Gauge
sumber : carsguide.com.au

Sesuai namanya Nissan Silvia 270R NISMO menggunakan parts dari NISMO. Parts tersebut mulai dari interior, eksterior, mesin, kaki-kaki dan lain-lain. Pada bagian mesin parts yang digunakan, seperti engine cover biru tua, Camshaft Nismo. Selain itu parts yang dipakai adalah Tower Bar Nismo, brake Stopper Nismo, Pipa-pipa dan Intercooler Nismo, Air Cleaner Nismo, dan lain-lain. Berkat NISMO suspensinya pun jadi lebih stabil dan sistem pengereman jauh lebih baik.

Berkat sentuhan NISMO pada mesin SR20 membuat Nissan Silvia S14 mendapatkan peningkatan tenaga yang signifikan. Nissan Silvia S14 semula memiliki tenaga 217HP menjadi 270HP. Sebuah angka yang menjadi alasan kenapa mobilnya berubah nama menjadi Nissan Silvia 270R NISMO.

Interior dan Eksterior


Nissan Silvia 270R Nismo Interior
sumber : carsguide.com.au

Pada bagian interior, elemen sentuhan NISMO benar-benar terasa karena ada di mana-mana. Jok depan dan belakang sudah diganti menggunakan buatan NISMO dengan motif yang keren serta tulisan NISMO. Setir bawaan yang besar dan memiliki airbag telah diganti dengan setir racing NISMO tanpa airbag. Speedometer juga sudah diganti dengan versi 300 km/h ditambah boost gauge yang diletakkan di panel pintu pengemudi. Tidak hanya itu NISMO juga memberikan cut off switch untuk mematikan mesin saat kondisi darurat. Selain itu penambahan cut switch off juga menambah kesan mobil balap karena hampir semua mobil balap menggunakannya.

Nissan Silvia 270R Nismo Eksterior
sumber : supercars.net

Pada bagian eksterior, Nissan Silvia 270R NISMO menggunakan bodykit dari NISMO. Jika kalian lihat dari depan bumper depannya lebih meng-kotak. Desain tersebut terinspirasi dari mobil-mobil DTM tahun 1994. Desain ini juga dikatakan untuk mengurangi daya angkat aerodinamis bagian depan mobil. Pada bagian bumper depan juga terdapat ventilasi di bagian pinggir untuk mendinginkan rem. Pada bagiam side skirt belakang juga dilengkapi ventilasi yang bertujuan untuk mendinginkan rem menggunakan aliran udara.

Penutup

Nah, itu tadi pengenalan singkat mengenai mobil Silvia paling langka. Namun, karena bodykitnya di jual bebas banyak pemilik Silvia S14 meng-convert tampilannya menjadi seperti Silvia 270R Nismo. Jadi, jika kalian kebetulan lihat Nissan Silvia 270R NISMO jangan heboh dulu siapa tahu itu cuma S14 yang pakai bodykit hehe

Terima kasih sudah berkunjung 😁

Load comments