Tuesday, September 22, 2020

Mitos-Mitos Seputar Pengisian Bahan Bakar Mobil Yang Perlu Kalian Ketahui

Mitos-Mitos Seputar Pengisian Bahan Bakar Mobil
sumber : pixabay.com

Bahan bakar merupakan hal yang sangat-sangat penting bagi sebuah kendaraan. Karena tanpanya kendaraan kalian tidak akan bisa digunakan. Nah, karena begitu pentingnya banyak pemilik kendaraan melakukan berbagai cara untuk menghemat penggunaan bahan bakar. Baik itu dari teknik mengemudi maupun cara pengisiannya.

Namun kebanyakan adalah mitos semata khususnya teknik pengisian bahan bakar. Nah, apa sajakah mitos-mitos seputar pengisian bahan bakar mobil? Yuk, disimak mitos-mitosnya di bawah ini.

Mengisi Saat Hujan Agar Dapat Banyak Bahan Bakar


Mengisi Saat Hujan Agar Dapat Banyak Bahan Bakar
sumber : pixabay.com

Mitos yang pertama adalah jika mengisi bahan bakar saat hari hujan maka akan dapat lebih banyak. Mengapa bisa berpikiran seperti itu?

Teorinya adalah saat hujan suhu udara pastinya rendah atau dingin. Karena suhu yang dingin tersebut  membuat bahan bakar menjadi menyusut karena memang sifat bahan bakar yang sensitif terhadap perubahan suhu. Selain itu, suhu yang rendah juga membuat tingkat penguapan lebih sedikit.

Teori di atas memang benar, lalu di mana letak mitosnya? Sebelum menjawab mari kita bahas lebih lanjut mengenai teori di atas. Seperti yang dijelaskan bahwa suhu dingin dapat mengurangi tingkat penguapan bahan bakar. Namun, penyusutannya tidaklah besar, sehingga penambahan saat mengisi bahan bakar sangat-sangat tidak signifikan. Jadi, tidak "worth it" jika ingin mengisi bahan bakar harus menunggu hujan agar dapat bahan bakar yang banyak.

RON atau CN Lebih Tinggi Memiliki Efisiensi Yang Lebih Baik 


RON atau CN Lebih Tinggi Memiliki Efisiensi Yang Lebih Baik
sumber : viva.co.id/Yasin Fadilah

Mitos satu ini juga sudah umum beredar di masyarakat penulis sendiri sering mendengarnya. Misal, masih banyak orang beranggapan menggunakan pertamax jauh lebih irit dibanding pertalite atau premium. Nah, anggapan tersebut sebenarnya salah.

Sebenarnya pengisian bahan bakar yang tepat adalah berdasarkan rasio kompresi mesin mobil kalian.
Jika, kalian mengisi bahan bakar dengan dengan RON atau CN lebih tinggi dari rekomendasi rasio kompresi mesin kalian. Maka, pembakaran menjadi tidak sempurna yang mana meninggalkan endapan dan flek yang berujung pada knocking engine.
Jadi, bisa disimpulkan dengan menggunakan RON atau CN yang tinggi malah boros atau tidak efisien. Selain, itu mesin menjadi knocking atau yang biasa orang awam kenal mesin "mengelitik" jadi mengeluarkan biaya lagi untuk membersihkannya. Oleh karena itu gunakan bahan bakar dengan RON atau CN sesuai dengan rekomendasi rasio kompresi mesin kalau tidak mau rugi banyak.

Tidak Boleh Mengisi Bahan Bakar Saat Tangki Penyimpanan Diisi


Tidak Boleh Mengisi Bahan Bakar Saat Tangki Penyimpanan Diisi
sumber : semarang.bisnis.com

Mitos ini muncul dengan teori saat tangki timbun diisi, maka endapan kotoran pada dasar tangki akan naik. Nah, kotoran inilah yang dianggap akan masuk ke mobil saat melakukan pengisian.

Lalu, benarkah hal tersebut? faktanya adalah tidak. Teori tersebut dibantahkan oleh prosedur pembersihan tangki penyimpanan secara berkala. Pembersihan ini bertujuan agar tidak ada kotoran di tangki penyimpanan. Selain itu, pompa pengisian bahan bakar juga memiliki filter kotoran. Sehingga bahan bakar yang diisi ke mobil aman dari kotoran.

Lebih Hemat Mengisi Bahan Bakar Di Pagi Hari Atau Malam Hari


Lebih Hemat Mengisi Bahan Bakar Di Pagi Hari Atau Malam Hari
sumber : pixabay.com

Pada dasarnya mitos ini sama seperti mitos pengisian bahan bakar saat hujan yang menjadi kunci adalah suhu. Pada pagi hari biasanya suhu cuaca belum tinggi apalagi malam hari yang suhunya rendah maka tingkat penguapan bahan bakar rendah.

Sehingga, diharapkan tangki bahan bakar bisa menampung lebih banyak. Hal tersebut memang benar, namun tidak signifikan hanya bertambah beberapa mililiter saja. Jadi, sebaiknya isi saja bahan bakar tidak peduli itu pagi, siang ataupun malam.

Menggoyang-goyangkan Kendaraan Agar Mendapat Bahan Bakar Lebih Banyak


Menggoyang-goyangkan Kendaraan Agar Mendapat Bahan Bakar Lebih Banyak
sumber : wajibbaca.com

Mitos satu ini adalah yang paling mungkin untuk kita lihat. Penulis pun tidak jarang melihat orang mengisi bahan bakar sambil mengoyang-goyangkan kendaraannya. Kalian pun pasti pernah melihatnya minimal sekali.

Teori dari mitos ini adalah agar gelembung saat pengisian bahan bakar cepat naik, sehingga tangki bisa terisi penuh. Padahal faktanya kendaraan sekarang memiliki sistem ventilasi pada tangki. Sehingga, udara di dalam akan keluar dengan sendirinya tanpa perlu menggoyang-goyangkan kendaraan. Menggoyang-goyang kendaraan hanya menjadi kegiatan yang melelahkan, malah bisa bikin bahan bakar cepat menguap.

Mengisi Bahan Bakar Hingga Sangat Penuh Bahkan Tumpah-Tumpah


Mengisi Bahan Bakar Hingga Sangat Penuh Bahkan Tumpah-Tumpah
sumber : teaandpositivity.blogspot.com

Tidak sedikit pemilik kendaraan mengisi bahan bakar hingga sangat penuh bahkan tumpah-tumpah. Hal ini biasa dilakukan oleh orang yang ingin bepergian jauh. Tujuan dari pengisian penuh ini adalah agar tidak sering mengisi di POM dan konsumsi bahan bakar lebih irit.

Teori tersebut tidak sepenuhnya salah khususnya masalah irit. Sebenarnya untuk masalah irit tergantung dari cara berkendara. Namun, bila tangki diisi penuh maka ruang untuk penguapan semakin sedikit sehingga bahan bakar menjadi lebih irit.

Tetapi dengan catatan jangan mengisi bahan bakar hingga terlalu penuh bahkan tumpah. Karena panas dari bahan bakar dapat meningkatkan tekanan yang menekan bahan bakar naik bahkan terdorong keluar. Kemudian tumpahan tersebut dapat merusak cat mobil. Jadi, sisakan ruang antara bahan bakar dengan kepala tangki.

Penutup

Nah, itu tadi adalah beberapa mitos seputar pengisin bahan bakar mobil. Apakah salah satu mitos di atas ada yang pernah kalian dengar atau kalian mempraktekkannya hingga saat ini. Jika iya, segera hentikan karena itu semua hanya mitos. Kalau masalah irit itu tergantung dari teknik berkendara dan perawatan mobil itu sendiri. Karena mobil yang tidak terawat cenderung boros.

Terima kasih sudah berkunjung 😁

Load comments